Tujuan utama seorang blogger sejati adalah membuat blog sebenarnya dan seharusnya tentu agar disukai dan diminati para pengunjung. Akan tetapi, seiring dengan kemajuan dunia pemblogger-an di Indonesia, semakin banyak orang-orang dari yang master maupun hingga kaum awam memulai karirnya menjadi seorang blogger.

Dan efeknya semakin banyaknya blog-blog yang bermunculan. Blog-blog tersebut hampir 80% kualitas nya tidak kalah satu sama lainnya. Sedangkan 20% nya lagi adalah blog-blog dummy yang tugasnya sebagai blog pendukung blog utama seorang blogger.

Tidak heran, omnya para blogger / webmaster jadi pusing.

Ya, om google, sadar atau tidak mulai kehilangan kualitasnya sebagai pusat pencarian terlengkap. Contohnya ketika kita mencari kata kunci “jurus SEO”, bukannya mendapat sebuah website yang memberikan sebuah informasi yang kita butuhkan tetapi malah memunculkan blog-blog para peserta kontes SEO Indonesia yang akhir-akhir ini marak diselenggarakan.

Oleh karena itu, saya pikir perlu juga kalo kita seharusnya mengetahui ciri-ciri blog yang disukai oleh google, agar tujuan utama kita sebagai blogger dan google sebagai mesin pencari untuk memberikan sebuah informasi yang benar-benar berguna untuk pengunjung atau visitor yang ribuan.

Berikut point-point yang harus diperhatikan agar blog-blog sobat bisa lebih akrab ama si om, sukur-sukur bisa sampe di angkat jadi ponakannya.

1. Blog dengan susunan dan link teks yang jelas. Setiap halaman haruslah dapat dicapai paling sedikit dengan satu link teks yang statis.

2. Blog yang menawarkan site map kepada pengunjung dengan link yang langsung menuju kebagian penting dari blog sobat. Apabila dalam sitemap terdapat lebih dari 100 link, sebaiknya sobat pisahkan site map ke halaman yang berbeda.

3. Blog yang berisi informasi yang berguna, padat dan jelas serta secara akurat bisa menggambarkan konten website.

4. Carilah kata kunci yang memang banyak dicari orang lain.

5. Harus menggunakan teks, bukan gambar, jika ingin menampilkan nama, menjelaskan konten atau link. Google tidak akan mengenali teks yang ada dalam gambar.

6. Pastikan judul tag dan atribut yang sobat gunakan benar-benar akurat dan menggambarkan isi blog.

7. Rajin memeriksa apakah ada link yang mati atau kode HTML yang salah.

8. Apabila sobat menggunakan halaman dinamis (seperti URL yang mengandung tanda ”?”), berhati-hatilah karena tidak setiap search engine dapat mengindeks halaman dinamis. Usahakan untuk membuat parameter sesingkat mungkin dan sedikit saja.

9.Pastikan jumlah link di blog / atau website sobat dalam jumlah yang rasional.

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi saya sendiri dan kita semua, teruslah belajar untuk menjadi lebih baik lagi.

salam hangat, frafhyhollic