Global translator

Setelah mencari-cari plugin untuk blog wordpress yang bisa otomatis menterjemahkan konten ke berbagai bahasa, Alhamdulillah akhirnya saat ini mendapatkannya. Plugin ini tidak hanya mampu menterjemahkan konten web ke lebih dari 30 Bahasa, tetapi juga hasil terjemahan-nya di design agar search engine friendly (SEO ).

Jika sebelumnya susah mendapatkan plugin/tool untuk menterjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa lain, maka saat ini kita bisa mendapatkannya gratis. Nama plugin ini adalah GLOBAL
TRANSLATOR,
yang merupakan plugin khusus untuk WordPress.

Apa saja fitur utama plugin ini ? Menggunakan 4 Engine Translator , yaitu : Google Translation Engine, Babel Fish, Promt, Free Translations.
Kita bisa memilih salah satu atau user yang memilih sendiri Search Engine Optimized, plugin ini menggunakan permalink, dengan menambahkan kode bahasa di awal URL website kita.

Fast Caching System, plugin ini menggunakan teknik caching yang cukup cepat, smart, sudah di optimasi, self-cleaning, untuk mengurangi resiko banned dari engine translator.

Fully configurable layout, kita dapat mengatur layout/tampilan kita sendiri dengan memilih antara TABLE atau DIV layout, dan juga jumlah bahasa yang tampil.

No database modifications, Global Translator tidak menambahkan tabel baru di database, sehingga bisa didapatkan kinerja yang lebih baik.

Global Translator sepertinya merupakan yang pertama dan gratis untuk meningkatkan trafik ke blog kita. Mendukung lebih dari 30 bahasa dunia, termasuk bahasa Indonesia. Selengkapnya : Italian, Korean, Chinese (Simplified), Portuguese, English, German, French, Spanish, Japanese, Arabic, Russian, Greek, Dutch, Bulgarian, Czech, Croat, Danish, Finnish, Hindi, Indonesian, Polish, Rumanian, Norwegian, Swedish, Catalan, Filipino, Hebrew, Latvian, Lithuanian, Serbian, Slovak, Slovenian, Ukrainian, Vietnamese.

Bagaimana cara menginstall plugins ini ?

Download plugin Global Translator ini, kemudian extract isinya. Lalu upload folder global-translator ke direktori “wp-content/plugins” di web server kita. Selanjutnya aktifkan dari menu “Plugins” di Worpress. Setelah aktif, maka pengaturannya bisa dilihat di menu “Options->Global Translator”.

Untuk mencegah banned dari Mesin translator, maka permintaan terjemah hanya diijinkan untuk tiap 5 menit. Dengan begini, ini akan mampu menterjemahkan seluruh konten web/blog tanpa interupsi. Tetapi yang namanya mesin, hasil terjemahannya kadang sulit dipahami. Meskipun begitu, hal ini akan lebih mempermudah pengunjung yang tidak memahami sama sekali bahasa yang kita digunakan. Pastikan juga untuk selalu menggunakan versi terbaru dari plugin ini. (by ebsoft)