Sekarang layanan emoze lebih beragam, baik yang menggunakan layanan email milik google, Gmail, terasa seperti menggunakan layanan push email berbayar. Beberapa kemudahan yang ditawarkan diantaranya:

Tidak perlu menggunakan PC yang terhubung ke Internet dan tidak perlu mendaftarkan diri ke emoze. Sebelum beranjak ke tutorial penggunaan layanan emoze, mungkin saja diantara kita masih ada yang belum mengenal apa sih push email itu?

Push email adalah metode pengiriman email, langsung ke handphone pengguna. Namun, kemampuannya tidak terbatas kirim-terima email saja, tetapi juga kemampuan untuk melakukan sinkronisasi terhadap kalender / jadwal serta daftar alamat dari Microsoft Outlook di PC / laptop ke ponsel / PDA-phone.

Dengan push email, pesan email yang masuk akan langsung dikirim langsung ke ponsel layaknya SMS. Buat yang mau coba, berikut caranya:

1. Syarat pertama, buat yang belum memiliki akun email di Gmail, daftarkan diri ke www.gmail.com
Jika sudah, silahkan ke tahap selanjutnya.

2. Sekarang, masuk ke www.emoze.com, pilih link ‘Get emoze now’. Di halaman berikutnya pilih ‘push my Gmail’. Tentukan merek dan tipe ponsel , ini menentukan aplikasi yang cocok yang akan didowload untuk dipasang di ponsel.

Berikutnya akan dihadapkan tiga pilihan download aplikasi emoze. Pertama download aplikasi ke PC, download lewat SMS dengan metode WAP push atau download langsung lewat situs WAP. Apabila tidak memiliki sarana konektifitas, gunakan metode download WAP push atau lewat situs WAP.

Aplikasi emoze dibuat dengan dua versi Java dan Symbian. Sehingga ponsel yang bisa menggunakan layanan ini cukup banyak.

3. Sekarang tinggal lakukan instalasi aplikasi itu di ponsel. Dan ikuti langkah ‘setting wizard’ sebagai berikut:

Settingan koneksi GPRS. Settingan ini bisa dilakukan lewat dua cara. Tinggal memilih, menggunakan Auto Search atau dengan cara manual. Keduanya sama mudahnya, tinggal pilih koneksi APN yang sesuai dengan operator yang gunakan.

Setting Prefer Mode.
Ada dua pilihan, untuk akses Gmail pilih ‘Global Network’ & gt;’ Gmail’.

Masukkan user name dan
password Gmail
.
Selesai.

– Beberapa lama kemudian, aplikasi emoze akan mencoba koneksi ke server. Jika berhasil atau tidak bermasalah muncul tulisan ‘Status OK’.

Catatan :
1. Aplikasi emoze tidak boleh ditutup (close), biarkan aktif selama menginginkan fitur push email dijalankan. Gambar emoze yang aktif tampak di depan desktop (tampilan awal) ada tanda kotak kecil berwarna orange.

2. Layanan emoze ini tidak mendukung attachment. File yang dilampirkan, akan di-remove oleh emoze. Tapi sebagai layanan gratis, layanan ini sudah cukup bagus.

http://medoho.blogspot.com/2007/10/push-email-di-ponsel.html.